Jumat, 05 September 2008

MAHASISWA DREXEL CIPTAKAN TOPI KENADLI OTAK












UNIV DREXTER
Topi kendali otak ciptaan mahasiswa Universitas Drexter

MAHASISWA Universitas Drexel, Philadelphia, AS menciptakan topi kendali otak. Dengan memakai alat ini, pemain game komputer dapat mengendalikan permainannya di layar hanya dengan pikiran di otaknya saja.

Bentuk alat tersebut seperti topi terbuka yang melingkar di kepala. Di sekelilingnya terdapat sensor yang mengukur aktivitas otak pemakainya. Alat tersebut memancarkan gelombang dnegan frekuensi mendekati inframerah. Dengan mengukur intensitas gelombang yang dipantulkan dari dalam otak, sensor dapat merekam perubahan kadar oksigen akibat aktivitas otak.

"Begitu teknologi syaraf yang menjadi dasar pengembangannya telah matang, ia mungkin akan semudah kontroler Wii," ujar Dr frank Lee, profesor dari Departemen Ilmu Komputer Drexel.

Alat ini awalnya dikembangkan para insinyur biomedika Universitas Drexel untuk memantau aktivitas otak pasien saat dibius. Namun, kemudian dimanfaatkan untuk menciptakan alat kendali game komputer untuk video game yang dinamai Lazybrains. Untuk game lainnya tentu harus disesuaikan. (WAH)




Tidak ada komentar: